skip to Main Content
081344022630 - 08112410614 support@sastrakom.com
Membandingkan Aplikasi Web, Desktop Dan Mobile

Membandingkan Aplikasi Web, Desktop dan Mobile

membantingkan aplikasi dan jenisnyaPernahkah anda berfikir bahwa aplikasi dapat menentukan kerja anda, kecepatan pencarian data yang mudah, bisa menampilkan informasi yang anda inginkan hingga menyimpan data yang umurnya bertahun-tahun lamanya. Kali ini kita akan membandingkan aplikasi dari berbagai jenis dan kebutuhan.

APLIKASI WEB

Aplikasi web adalah program yang tersimpan di server dan hanya bisa dibuka oleh web browser. Bentuk aplikasi web sangat menarik dan berwarna, gambar yang dihasilkan oleh aplikasi web lebih smooth. Ini dikarenakan browser yang digunakan melakukan optimizing pada gambar yang ditampilkan.

Bentuk dari aplikasi web sangat beragam dan untuk teknologi yang beredar sekarang adalah Responsive yang artinya halaman aplikasi akan berubah tampilannya sesuai dengan ukuran layar yang digunakan untuk membuka aplikasi tersebut. Contoh aplikasi web seperti blog yang sering anda kunjungi dan aplikasi browser seperti web designer online.

Performa dari aplikasi web tidak secepat aplikasi desktop karena system kerjanya membuka halaman marka (HTML), setelah itu halaman tersebut memproses perintah yang tertanam di halaman HTML, masih belum selesai disini perintah yang tertanam tersebut membuka database untuk mengambil data dan menampilkannya ke layar monitor atau smartphone anda. Selama proses tersebut akses langsung ke server.

Dapat anda simpulkan kelebihan dan kekurangan dari aplikasi web ini :

Kelebihan Aplikasi Web

Aplikasi web itu ringkas karena client tidak membutuhkan installer, sama sekali tidak merepotkan pengguna cukup web browser saja untuk membukanya. Tampilan tentunya lebih menarik eye catching tidak membosankan dan monoton. Dari segi pemrograman aplikasi web tidak merepotkan programmer juga jika ada update atau perbaikan langsung upload ke server dan semua client akan langsung mendapatkan update terbaru tanpa harus melakukan prosedur apapun. Dengan begitu Aplikasi web menurut saya cukup ringkas dan membantu di dua pihak (programmer dan user).

Kekurangan Aplikasi Web

Dari proses yang telah kami jelaskan diatas bahwa aplikasi web memiliki kekurangan saat menampilkan data membutuhkan waktu yang agak panjang, karena beban semua terlimpah ke server dan browser sebagai penerjemah dari data ke informasi. Apalagi kalau data yang anda ambil dari server sangat banyak, itu akan menjadi beban server dan browserpun pasti menaikan pemakaian RAM di lokal PC (PC pengguna).

APLIKASI DESKTOP

Aplikasi desktop merupakan aplikasi yang nyaris ditinggal oleh pengguna karena aplikasi desktop ini agak repot dalam hal instalasi dan kompatibilitas dengan operasi system yang digunakan user. Cara install aplikasi desktop ada banyak macamnya tergantung programmer yang membuatnya. Aplikasi java membutuhkan java runtime, Aplikasi Net Framework membutuhkan .net framework, Aplikasi Python membutuhkan python runtime. dan semua aplikasi harus diinstall dulu pendukungnya. Setelah itu baru aplikasinya yang diinstall ke komputer user masing-masing.

Aplikasi Desktop tergolong cepat saat memproses data menjadi informasi karena aplikasi desktop hanya sekali untuk memproses tampilan agar muncul dilayar dan itupun secara lokal atau di komputer user. Aplikasi Desktop dibutuhkan oleh perusahaan yang memiliki data dengan jumlah banyak.

Kesimpulan dari aplikasi desktop:

Kelebihan

Aplikasi desktop ringan saat memproses pengambilan data.

Kekurangan

Aplikasi desktop membutuhkan framework atau runtime yang terinstall di komputer user termasuk juga aplikasi laporan yang digunakan aplikasi tersebut. Sehingga user banyak melakukan instalasi terhadap komputernya. Tampilannya tidak banyak bentuk dan harus dibuka oleh PC saja tidak bisa dibuka oleh smartphone. Selain itu kekurangan yang lain adalah pada resource atau memory terkadang aplikasi desktop membutuhkan memory yang lumayan tinggi agar kinerja aplikasi tersebut maksimal.

APLIKASI SMARTPHONE

Semua pemilik handphone saat ini pasti sudah terbiasa menggunakan aplikasi smartphone baik IOS maupun Android sudah pasti tahu seperti apa bentuk dan kemudahan yang didapat dengan aplikasi tersebut. Aplikasi smartphone memiliki kemudahan saat instalasi cukup dengan satu kali langkah saja sudah bisa anda gunakan di smartphone anda.

Aplikasi smartphone tertanam di handphone anda dengan mengambil data ke server jika ada proses tertentu seperti sinkronisasi, sehingga aplikasi smartphone tidak terlalu berat, cuma perkuat saja kecepatan internet anda agar tidak lama saat pengambilan data. Banyak pengembang bisnis termasuk startup yang ingin memiliki usahanya dengan memanfaatkan smartphone sebagai ladang untuk mendapatkan keuntungan. Hal ini karena pengguna di Indonesia sangat banyak dan selalu berkembang.

Aplikasi Smartphone memiliki tampilan yang menarik karena dalam pembuatannya bisa menggabungkan sebagian fitur web, dalam hal ini contohnya CSS yang digunakan untuk mempercantik tampilan.

Dalam hal ini kita dapat menyimpulkan bahwa aplikasi web bisa digunakan dimana saja dan kapanpun. Cuma yang harus anda perhatikan adalah jumlah memory handphone anda dan cache aplikasi tersebut, semakin banyak cache-nya dan tidak dibersihkan, maka aplikasi dan hanphone anda akan melambat. Aplikasi smartphone jika digunakan di perusahaan cocoknya hanya untuk menampilkan laporan omset dan management tugas yang prosedurnya ringan tidak membebani kuota anda dan handphone anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp Us